PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Y TERHADAP PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BABAKAN, KOTA SURABAYA

  • kholishudin kholishudin STAI AL AZHAR MENGANTI

Abstract

Artikel yang berjudul Pengambilan Keputusan Investasi Generasi Y Terhadap Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Babakan, Kota Surabaya, menjawab persoalan bagaimana strategi Pegadaian Syariah Babakan dalam membidik Generasi Y untuk berinvestasi produk tabungan emas serta bagaimana pengambilan keputusan investasi yang dilakukan oleh generasi Y terhadap produk tabungan emas Pegadaian Syariah Babakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi yang dimiliki oleh Pegadaian Syariah Babakan dalam menarik Generasi Y yakni dengan cara banyak melakukan promo di media social instagram, facebook serta media eletronik seperti iklan di televisi. Dalam promo tersebut selalu disertakan diskon  dan  hadiah menarik sehingga membuat nasabah ingin melakukan investasi tabungan emas. 2) pengambilan keputusan yang dilakukan oleh generasi Y didasari oleh beberapa factor yakni ekonomi, social dan psikologis. Pada kondisi tersebut terdapat beberapa informan generasi Y ada yang memilih tabungan emas serta ada yang tidak memilih tabungan emas karena mereka menganggap bahwa emas itu keuntungan yang didapatkan  relatif lama sedangkan  karakteristik generasi Y itu ingin keuntungan yang besar dengan waktu yang tidak terlalu lama.

 

Kata Kunci: Strategi, Pengambilan Keputusan, Tabungan Emas.

 

 

References

Buku

Assael, Henry. Consumer Behaviour and Marketing Action, Newyork: Learning, 2001

Badan Pusat Statistik, Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia, (Tk: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 2018)

Halim, Abdul. Analisis Investasi, Jakarta: Salemba Empat, 2005

Irham Fahmi, Manajemen Pengambilan KeputusanTeori dan Aplikasi, Bandung: Alfabeta, 2016

Mamduh M. Hanafi, Manajemen, (Yogyakarta: Unit Penerbit, 2003)

Mohammad Yasin dan Sri Ethichawati, Ekonomi untuk Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Rajawali Pers, 2016

Nugroho Setiadi, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Jakarta: Prenada media Grup, 2015

Puji Chandra, 8 Kunci Sukses Investasi Emas, Jakarta: Ruzz Media, 2011

Artikel Jurnal Versi Online

Adeng SeptiIrawan, https://jatim.tribunnews.com/amp/lembaga-riset-ipol-indonesia/, diakses tanggal 02 Juni 2020.

Anggriani Fauziyah, “Peluang Investasi Emas Jangka Panjang Melalui Produk Pembiayaan BSM Cicil Emas: Studi Pada Bank Syariah Mandiri KC. Purwokerto,” Islamadina; Jurnal Pemikiran Islam, Vol XVI, No. 01, (Maret, 2016)

Assael, Henry. Consumer Behaviour and Marketing Action, Newyork: Learning, 2001

Budi Gautama Siregar, “Strategi Bersaing Dalam Menigkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padang Sidimpuan,” Jurnal Kajian Ilmu Keislaman Vol. 03, No 1 (Juli, 2017)

Ferrika Sari, Tabungan Emas, https://keuangan.kontan.co.id, diakses 14 Juni 2020.

Kulkanya Napompech, “Factors Influecing Gold Consumption for Saving and Investment by People in The Bangkok Metropolitan Area,” International Journal of Arts and Science. Vol 3 No. 7 (Juli, 2010)

Martin Surya danYunita Anwar Mulyadi, “Gold Versus Stock Investment: An Econometric Analysis, International Journal of Development and Sustainability,” Vol. I No. 1 (Desember, 2012)

Pegadaian, “ Apa itu Tabungan Emas”, www.pegadaian.co.id/produk/tabungan-emas: diakses tanggal 10 Desember 2019

Ringkang Gumiwang, “Pegadaian Hingga Bank: Trik Menjaring Nasabah Milenial,” www.google.com/amp/s/amp/tirto.id; diaksestanggal 31 Desember 2019

Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Nur Wahana Fajri, “Analisis Prinsip Ekonomi Islam Terhadap Operasional Produk Investasi Emas Pada Pegadaian Syariah: Studi Pegadaian Syariah Cabang Hasanudin Gowa” Tesis -- UIN AlaudinMakasar, 2017

Published
2020-12-28
How to Cite
kholishudin, kholishudin. (2020). PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI GENERASI Y TERHADAP PRODUK TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG BABAKAN, KOTA SURABAYA. AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(2), 91-105. Retrieved from http://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/AlIqtishod/article/view/156
Section
Articles