Hubungan Disiplin Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi Kebebasan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo

  • Ahmad Ahmad IAI AL-KHOZINY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dan minat belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode survey, yaitu: “Penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi, dan hubungan-hubungan antar variabel sosiologis maupun psikologis”. Berikut ini merupakan hasil penelitian: (1) Disiplin Belajar (X1) berhubungan positif dan sangat kuat dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Y) pada materi kebebasan mengemukakan pendapat di MTs Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, dengan nilai korelasi sebesar 0,947. (2) Minat Belajar (X2) berhubungan positif dan sangat kuat terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Y) pada materi kebebasan mengemukakan pendapat di MTs Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, dengan nilai korelasi sebesar 0,935. (3) Disiplin Belajar (X1) dan Minat Belajar (X2) secara bersama-sama berhubungan positif dan sangat kuat terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Y) pada materi kebebasan mengemukakan pendapat di MTs Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo, dengan nilai korelasi sebesar 0,951.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-15
How to Cite
Ahmad, Ahmad. 2020. “Hubungan Disiplin Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Materi Kebebasan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 1 Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo”. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 13 (1), 44-58. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i1.60.
Section
Articles