Asuransi dalam Pandangan Ekonomi Islam

  • mochammad andre agustianto FEBI UINSA Surabaya
Keywords: Asuransi, perjanjian, premi, kerugian akad

Abstract

Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Asuransi itu mempunyai tujuan untuk mengganti kerugian pada tertanggung sesuai dengan perjanjian diantara keduanya diawal perjanjian. Sedangkan manfaat dari adanya asuransi ialah memberikan rasa terjamin atau rasa aman dalam menjalankan usaha, dapat mengurangi timbulnya kerugian-kerugian, dapat menjadi alat untuk modal pendapatan untuk harapan masa depan dll. Dalam pandangan islam asuransi diperbolehkan karena tidak ada nash yang melarangnya dan sudah memenuhi akad atau perjanjian diantara kedua belah pihak yang melakukan perjanjian itu dan tidak ada unsur paksaan dan di dalamnya terdapat unsur yang saling menguntungkan keduanya.

References

Kambali, Muhammad. “MEKANISME PENGELOLAAN DANA TABARRU’ ASURANSI SYARIAH PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE.” JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 2017. https://doi.org/10.30736/jes.v2i1.30.
Subekti. 2001. Pokok-Pokok Hukum Perdata. PT. Intermasa: Jakarta

Alim, Abbas. 2003.Asuransi dan Manejemen Resiko. PT.Raja Grafindo Persada: Jakarta
Darmawi, Hermani. 2004.Manejemen Asuransi. Bumi Aksara: Jakarta

Muhammad, Abdulkadi. 1993. Hukum perdata Indonesia. Citra Aditya Bakti: Bandung

Shiddiqi, Muhammad Nejatullah. 1985. Asuransi di Dalam Islam. alih bahasa oleh Ta’lim Musafir. Pustaka: Bandung

Fachruddin, Fuad Muhammad. 1985 Riba dalam Bank, Koperasi, Perseroan dan Asuransi. PT. Al-Ma’arif: Bandung

Prakoso, Djoko, I. Ketut Murtika. 1989. Hukum Asuransi di Indonesia.Rineka Cipta: Jakarta

Kitab Undang-Undang Hukum Dagang

Sugiyono, MetodePenelitianBisnis, (Alfabeta: Bandung, 2014), hal. 399
Published
2021-03-30
How to Cite
agustianto, mochammad. (2021). Asuransi dalam Pandangan Ekonomi Islam. AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 55-72. Retrieved from https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/AlIqtishod/article/view/229
Section
Articles