Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19

  • Rika Mawarni UIN RADEN INTAN LAMPUNG
Keywords: Digital Banking, Customer Retantion, Covid-19

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk memberikan gambaran mengenai penerapan digital banking yang dilakukan bank syariah sebagai salah satu langkah dalam mempertahankan nasabahnya dimasa pandemi covid-19 ini. Perlambatan ekonomi akibat Covid-19 menurunkan aktivitas pembayaran, namun mendorong akselerasi adopsi teknologi keuangan digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, yang berusaha memaparkan kondisi perbankan digital pada bank syariah dimasa pandemi covid-19 dimana seluruh data yang dihasilkan dan disajikan berbentuk deskripsi. Hasil dari penelitian ini bank syariah berupaya untuk mempertahankan nasabah dengan mengoptimalkan penerapan digital banking dalam operasionalnya dimasa pandemi covid-19 ini. Sejalan dengan maraknya penggunaan instrumen digital dimasa pandemi, membuat transaksi ekonomi dan keuangan digital terus tumbuh. Pada Desember 2020, volume transaksi digital banking mencapai 513,7 juta transaksi, atau tumbuh 41,53% (yoy) dengan nilai transaksi digital mencapai Rp2.775,5 triliun, atau tumbuh 13,91% (yoy).

References

Asti Marlina, W. A. B. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan nasabah bank. Jurnal Ilmiah Inovator, 7(1), 14–34.

Azizah, N., Azhari, A. R., & Wahyudi, R. (2020). Covid-19 outbreak : Islamic banking challenges in Indonesia. Islam in World Perspectives Symposium, 1(1), 134–141.

Bank Indonesia. (2020). Laporan tahunan 2020.

Dz., A. S. (2018). Inklusi Keuangan Perbankan Syariah Berbasis Digital-Banking: Optimalisasi dan Tantangan. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 63. https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2813

Gaib, D. N. (2020). Dinamika Hukum Perbankan Digital di Indonesia. In LEX ET SOCIETATIS (Vol. 7, Issue 11). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexetsocietatis/article/view/27366

Habibah, N. F. (2020). Tantangan Dan Strategi Perbankan Syariah Dalam Menghadapi Covid-19. Iqtishodiah, 2(1), 1–9.

Husna, F. (2020). Wajah Ekonomi 4.0: Perbankan Syari’ah Digital, Peningkatan Daya Saing Dan Strategi Dakwah Islam Fathayatul. Idarotuna, 3(1), 59–70. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/11328

Ilhami, & Thamrin, H. (2021). Analisis Dampak Covid 19 Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6068

Kementerian PPN/ Bappenas. (2020). Trend Konversi Ke Bank Syariah, Tingkatkan Efisiensi dan Produktifitas Bisnis. www.knks.go.id

Kholis, N. (2018). Perbankan dalam era baru digital. Jurnal Economicus, 12(1), 80–88.

Maharani, S., & Ulum, M. (2020). Ekonomi Digital : Peluang Dan Tantangan Masa Depan Terhadap Ekonomi Syariah Di Indonesia. In Conference on Islamic Studies (CoIS ) (Vol. 0, Issue 0). https://doi.org/10.30659/COIS.V0I0.7981

Mardhiyaturrositaningsih, M. S. M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap manajemen industri perbankan syariah: analisis komparatif. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 1–10.

OJK RI. (n.d.). Layanan Digital Banking .:: SIKAPI ::. Retrieved March 17, 2021, from https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/345

Otoritas Jasa Keuangan. (2018). POJK Nomor 12/POJK.03/2018 Tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital Oleh Bank Umum. Ojk RI, I, 1–55. http://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/regulasi/lembaga-keuangan-mikro/peraturan-ojk/Documents/SAL-POJK PERIZINAN FINAL F.pdf

Riza, A. F. (2019). Customer acceptance of digital banking in Islamic bank : Study on millennial generation. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 2, 66–74.

Sigalingging, V. (2017). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Retention di Bank BNI Kantor Cabang Jakarta Kota. Utilitas, 3(1), 27–36.

Sumadi. (2020). Menakar Dampak Fenomena Pandemi Covid-19 Terhadap Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 145–162.

Tahliani, H. (2020). Tantangan Perbankan Syariah dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Madani Syariah, 3(2), 92–113. https://doi.org/10.51476/MADANISYARI’AH.V3I2.205

Vebiana, V. (2018). Perbankan Digital , Pengalaman Pelanggan , dan Kinerja Keuangan Bank Syariah. POLBAN, 9, 747–751.

Winasis, S., Riyanto, S., & Ariyanto, E. (2020). Digital Transformation in the Indonesian Banking Industry : Impact on Employee Engagement. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 12(4), 528–543.

Zulkifli. (2012). Relationship Marketing Terhadap Customer Retantion dan Customer Loyalty Pada Naasabah Bank Mega, Tbk. Malang. Manajemen Dan Akuntansi, 1(April), 55–68.

Published
2021-07-17
How to Cite
Mawarni, R. (2021). Penerapan Digital Banking Bank Syariah Sebagai Upaya Customer Retantion Pada Masa Covid-19. AL IQTISHOD: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(2), 39-54. https://doi.org/10.37812/al iqtishod.v9i2.233
Section
Articles