Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM

  • Nur Manna Silviyah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Novieati Dwi Lestari
Keywords: etika bisnis, UMKM, etika bisnis Islam

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu cara dalam mengatasi permasalahan dalam perekonomian masyarakat. Dalam menjalankan bisnis, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah menemukan suatu permasalahan dalam berbisnis. Dengan hal ini munculah sistem ekonomi Islam  yang dapat menyelesaikan permasalahan dalam berbisnis. Dalam penerapan etika bisnis Islam  perlu dilakukan beberapa hal dalam aturan etika bisnis Islam . Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode penelitian kualitatif, serta pendekatan yang dilakukan yaitu pendekatan studi literatur review, dengan cara mencari beberapa jurnal dan artikel yang sesuai dan relevan dengan pembahasan tentang penerapan etika bisnis Islam  dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah. Hasil peneliatian ini menegaskan bahwa penerapan etika bisnis Islam  perlu dilakukan sebagai langkah perbaikan kesadaran baru dalam aktifitas bisnis. Penerapan etika bisnis Islam  menunjukkan pengaruh yang baik, dan berpengaruh posistif dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah

References

Ali, Mohammad Haidar. “Penerapan Etika Bisnis Dan Strategi Manajemen Saat Pandemi Covid-19 Bagi UMKM.” Eco-Entrepreneurship 6, no. 1 (2020): 34–42.

Amalia, Fitri. “Etika Bisnis Islam : Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil.” Etika Bisnis Islam : Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil, no. 95 (2013): 116–25.

Anggraeni, Feni Dwi, Imam Hardjanto, and Ainul Hayat. “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal.” Jurnal Administrasi Publik (JAP) 1, no. 6 (2013): 1286–95.

Ayyubi, Salahuddin El, and Sausan Anggi Anggraini. “Peran Etika Bisnis Islam Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Pangan Di Kota Bogor.” Journal of Business & Banking 6, no. 2 (2019): 183–94.

Cahyono, Eko Agus, Sutomo, and Aris Hartono. “Literatur Review : Panduan Penulisan Dan Penyusunan.” Jurnal Keperawatan, 2019, 12.

Darmawati. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam : Eksplorasi Prinsip Etis Al-Qur’an Dan Sunnah.” Jurnal Pemikiran Hukum Islam 11, no. 1 (2013): 58–68.

Fajrina, Nurin. “Dampak Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Kemajuan Bisnis (Studi : De’ Halal Mart Yogyakarta),” n.d.

Fitria, Wanda Nur, Ziyan Maulida Rahmah, and Sheila Febriani Putri. “Peran Etika Bisnis Dalam Mengambangkan Usaha Di Era Revolsi 4.0.” Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) 1, no. 3 (2021): 268–76.

Hakim, M. Arif. “Persepsi Pelaku Bisnis SPBU Di Kabupaten Kudus Terhadap Etika Bisnis Islam ,” 2016, 5–24.

Hashim, Muhammad. “Islam ic Perception of Business Ethics and the Impact of Secular Thoughts on Islam ic Business Ethics.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 2, no. 3 (2012): 98–120.

Juliana, Juliana, M. Faathir, and M. A. Sulthan. “Implementasi Etika Bisnis Islam Pelaku Usaha Mikro : Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro Syariah Puspa Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat Di Bandung Tahun 2017.” Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis 19, no. 1 (2019): 36. https://doi.org/10.17509/strategic.v19i1.17663.

Juliyani, Erly. “Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam .” Jurnal Ummul Qura VII, no. 1 (2016): 63–74.

Kalsum, Sri Umi. “Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar 2013,” 2013.

Kurniawan, Ferry Duwi, and Luluk Fauziah. “Pembedayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menegah (UMKM) Dalam Penanggulangan Kemiskinan.” JKMP 2, no. 2 (2014): 165–76.

Makkasau, Indra Aditya. “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Usaha Mikro Di Kelurahan Rampoang Kota Palopo,” 2019, 33–35.

Nawatmi, Sri. “Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam .” Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 4, no. 1 (2010): 50–59. https://doi.org/10.36835/iqtishodiyah.v4i1.74.

Norvadewi. “Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip Dan Landasan Normatif),” 2015, 33–46.

Pambudi, Bambang Setiyo. “Penerapan Etika Bisnis Pada Usaha Kecil Dan Menengah Melalui Pemanfaatan Computer Mediated Comunication / Media Social Instagram.” Seminar Nasional Dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA) 8, no. September (2018): 1–8.

Rahmawati, Lilik, Dina Dwi Rahayu, Hanien Nivanty, and Wardah Lutfiah. “Fintech Syariah : Manfaat Dan Problematika Penerapan Pada UMKM.” Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 5, no. 1 (2020): 75–90.

Published
2022-01-05
How to Cite
Silviyah, N. M., & Lestari, N. D. (2022). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan UMKM. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 96-112. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.295