STRATEGI MENINGKATKAN FUNDING DIMASA PANDEMI PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP SUMBERREJO BOJONEGORO

  • Intan Ayu Ayu STAI Attanwir Bojonegoro
  • Putri Wulandari Wulandari
  • Sutiya Lestari Lestari
Keywords: Bank Syariah, funding, strategi

Abstract

Saat pandemi hampir semua sektor perkenomian terkena dampak dan banyak mengalami penurunan, salah satunya adalah bank .syariah. Sebagai lembaga penghimpun dana, ketika perekonomian mengalami penurunan maka funding mereka pun juga akan mengalami penurunan. Penelitian ini dilakukan dii bank syariah Indonesia kcp sumberrejo bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi meningkatkan funding yang dilakukan bank syariah Indonesia selama masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatifidengan metode pengumpulan data  berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bank syariah Indonesia kcp sumberrejo bojonegoro menggunakan strategi produk, promosi, iklan, peminimalisiran pencairan dana dan kunjungan untuk meningkatkan funding di masa pandemi, dan kendala yang di alami adalah banyaknya nasabah yang melakukan pencairan dana dan persaingan antar lembaga keuangan syariah.

References

An Nabila, Qanitah A, Fitri Nur Latifah, M Ruslianor Maika, Kata Kunci, Baitul Maal Wat Tamwil, Bauran Pemasaran, and Penghimpunan Dana. “PENERAPAN STRATEGI MARKETING MIX UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH FUNDING PADA BMT MADANI SEPANJANG.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan 8, no. 6 (December 5, 2021): 808–20. https://doi.org/10.20473/VOL8ISS20216PP808-820.

Andrianto l& lFirmansyah, lM. lAnang, lManajemen lBank lSyariah (lSurabaya: lCV. lPenerbit lQiara lMedia, 2019).

Anshari, lAbdul lGhafur, Perbankan lSyariah lDi lIndonesia (Jogjakarta: lUGM lPress, 2007).

Antonio, Muhammad Syafi’i, Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik (Depok: Gema Insani, 2018).

Data dan statistik dalam https://www.ojk.go.id/ 20 september 2019/ diakses 17 januari 2022.

kambali, muhammad. “PRODUK OPERASIONALISASI BANK SYARI’AH : STUDI PENERAPAN PRINSIP SYARI’AH PADA BANK SYARI’AH MANDIRI (BSM) DAN BANK ISLAM MALASYA BERHARD (BIMB).” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam 9, no. 1 (March 30, 2021): 20–35. https://doi.org/10.37812/ALIQTISHOD.V9I1.225.

Kambali, Muhammad, and Fatur Rahman. “Pengaruh Aplikasi Muzakki Corner Terhadap Minat Mayarakat Berzakat” 10, no. 2 (2021): 175–84. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v10i2.413.

Kbbi. lWawancara, l(online) dalam http:kbbi.web.id/wawancara.html/ diakses l19 lDesember l2021.

Kertajaya dan Sula, Syariah Marketing (Bandung : Mizan Pustaka, 2006).

Mardiyanto, Eko, Stai Al-Azhar, and Menganti Gresik. “Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah.” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam 9, no. 1 (March 30, 2021): 93–103. https://doi.org/10.37812/ALIQTISHOD.V9I1.227.

Muhayatsyah, Ali, Fakultas Ekonomi, Bisnis Islam, and Iain Lhokseumawe. “PENGARUH KRISIS EKONOMI 2008 DAN FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DI INDONESIA.” Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan (JESKaPe) 4, no. 1 (July 27, 2020): 125–124. https://doi.org/10.52490/JESKAPE.V4I1.772.

Muhamma, Manajemen lDana lBank lSyariah (lJakarta: lRajagrafindo lPersada,l2014).

Muhammad, lAudit l& lPengawasan lSyariah lPada lBank lSyariah (Yogyakarta: lUII lPress, 2018).

Nurhatati, lFitri l& lRahmaniyah, lIka lSaniyati, lKoperasii lSyariah (lSurakarta: lPT. lEra lIntermedia, 2008).

Pandia, l lFrianto, Manajemen lDana lDan lKesehatan lBank (lJakarta: lRineka lCipta, 2010).

Rusby, lZulkifli, Manajemen lPerbankan lSyariah (Pekanbaru: lPusat lKajian lPendidikan lIslam lFAI. lUIR, 2017).

Rahman, Ahmad Taufiqur, Aunur Rofiq, Nanik Wahyuni ‎, and Ridan Muhtadi. “Analisis Partisipasi Masyarakat Nahdlatul Ulama Dalam ‎Meingkatkan Pendapatan Dana (Funding) Lazisnu Kota ‎Sumenep.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (December 12, 2021): 243–60. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/5258.

STAI Al-Azhar Menganti Gresik, Sutono. “IMPLIKASI AKAD MUSYARAKAH MUTANAQISAH PERBANKAN SYARI’AH.” Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam 8, no. 2 (December 28, 2020): 1–19. https://doi.org/10.37812/ALIQTISHOD.V8I2.152.

www.cnbcindonesia.com/11 November 2021 / diakses 17 januari 2022.

Published
2022-01-25
How to Cite
Ayu, I., Wulandari, P., & Lestari, S. (2022). STRATEGI MENINGKATKAN FUNDING DIMASA PANDEMI PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP SUMBERREJO BOJONEGORO. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), 113-130. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.350