Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Ukm Olahan Laut

  • Intan Devi Orlita Sari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Lilik Rahmawati UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya, Indonesia
Keywords: UMKM, Etika Bisnis Islam, Penerapan Prinsip

Abstract

UMKM dapat dijadikan sebagai mata pencaharian yang ada di Desa Watuagung, dimana pengelolanya yaitu perempuan mencari nafkah untuk kebutuhan keluarganya. Berbagai produk dihasilkan mulai dari kerupuk, bandeng_bakar, otak-otak bandeng, terasi, dan lainnya melalui online dan offline. Tujuan dari_penelitian ini mengetahui penerapan prinsip-prinsip etika bisnis Islam di UMKM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Adapun sumber data primernya yaitu wawancara kepada penjual dan pembeli. Data sekundernya yakni masyarakat yang ada di desa Watuagung. Teknik analisis data menggunakan Miles_dan Hubermen melalui reduksi data,_penyajian data, dan penarikan_kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang diperoleh bahwa penjual dan pembeli dari produk UMKM yang memegang prinsip-prinsip melalui etika Bisnis_Islam melalui tauhid, keseimbangan, kebebasan, tanggung jawab, dan kebajikan. Dengan adanya penerapan etika bisnis Islam UMKM di Desa Watuagung dapat memberdayakan masyarakat setempat melalui usahanya, memanfaatkan hasil dari olahan laut yang tidak laku atau laku murah, meningkatkan pemasaran online dan offline, SDM dan Manajemen_yang meningkat, menambah penghasilan untuk keluarganya sehingga dapat meraih kebahagiaan didunia dan akhirat.

References

Abdul, Aziz. Etika Bisnis Perspektif Islam. (Bandung: Alfabeta, 2013).

Bahrudin, S, M Tan, and M Desa. “Tracking and Tracing Technology for Halal Product Integrity over the Supply Chain.” International Conference on Electrical Engineering and Informatics, (2011).

Fajria. “Apa Itu Moral Hazard,” 2021. https://www.wartaekonomi.co.id/read346952/apa-itu-moral-hazard.

Halifah. “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Komunikasi Pemasaran Pada Butik Moshaict Surabaya.” UIN Sby, 2015, 20.

Irwan. “Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen,” (2021). https://jdih.pontianakkota.go.id/peraturan/undang-undang-nomor-8-tahun-1999-tentang-perlindungan-konsumen.

Mardani. Hukum Bisnis Syariah. (Jakarta: Prenadamedia Group, 2014).

Render, and Heizer. Manajemen Operasi. (Jakarta: Salemba Empat, 2015).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2011).

———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta, 2012).

Published
2022-09-01
How to Cite
Devi Orlita Sari, I., & Rahmawati, L. (2022). Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Ukm Olahan Laut. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(2), 55-68. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i2.519