Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam

  • Siti Aisyah STIT Aqidah Usymuni Sumenep

Abstract

ABSTRACT 

In principle, thenatureofteachersoreducators in Islam are not onlythosewhohave formal teacherqualificationsobtainedfromhighereducation. Butthemostimportantthingisthosewhohavecertainscientificcompetencesandcanmakeotherpeoplesmart in thecognitive, affective, andpsychomotordimensions. Cognitivemantrasmakestudentsintelligentintellectually, affectivedimensionsmakestudentshavepoliteattitudesandbehaviors, andpsychomotordimensionsmakestudentsskilled in carryingoutactivitieseffectivelyandefficiently, appropriately

 

ABSTRAK

Pada prinsipnya hakikat guru atau pendidik dalam Islam tidak hanya mereka yang mempunyai kualifikasi keguruan secara formal yang diperoleh dari bangku sekolah perguruan tinggi. Melainkan yang terpenting adalah mereka yang mempunyai kompetensi keilmuan tertentu dan dapat menjadikan orang lain pandai dalam matra kognitif, afektif, dan psikomotorik. Mantra kognitif menjadikan peserta didik cerdas intelektualnya, matra afektif menjadikan siswa mempunyai sikap dan perilaku yang sopan, dan matra psikomotorik menjadikan siswa terampil dalam melaksanakan aktivitas secara efektif dan efesien, scara tepat

 

Kata Kunci : Guru Dalam Pandangan Pendidikan Islam

Published
2021-06-02
How to Cite
Aisyah, S. (2021). Tipologi Guru dalam Pandangan Pendidikan Islam. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 136-152. Retrieved from https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/207