Pengaruh Kompetensi Guru Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mi Bustanul Muta’alimin Menganti Gresik

  • Anarisa Anarisa STAI Al-Azhar Menganti Gresik
Keywords: Kompetensi Guru, Pendidikan, Hasil Belajar

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan memang akan dan selalu meningkat, peningkatan ini bukan hanya konten (isi) pembelajaran, media maupun metode tapi tuntuntan kualitas guru professional yang mempunyai kompetensi yang mumpuni. Kompetensi guru disini terdiri dari empat komponen yaitu pedagogik, professional, kepribadian dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan model regresi linear dummy dengan variabel independennya adalah kompetensi guru dan latar belakang pendidikan, sedangkan variabel dependennya adalah hasil belajar siswa. Dengan menggunakan teknik dokumentasi diketahui bahwa kompetensi guru di MI Bustanul Mutaalimin berada dalam kategori cukup. Sehingga diperoleh model regresi linear dummynya adalah . Dimana Y menyatakan hasil belajar siswa, X menyatakan kompetensi guru, D1 menyatakan S1 PGMI dan D3 menyatakan S1 PGSD. Selain itu diketahui juga nilai R-square sebesar 0.838 atau sebesar 83.8% yang artinya model tersebut 83.8% telah mewakili untuk variabel independen (kompetensi guru dan latar belakang pendidikan) terhadap variabel dependen (hasil belajar siswa).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-02
How to Cite
Anarisa, Anarisa. 2019. “Pengaruh Kompetensi Guru Dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Mi Bustanul Muta’alimin Menganti Gresik”. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 11 (1), 91-117. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh/article/view/36.