Program Unggulan Tahfidz al-Quran Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo Berbasis Metode Talaqqi
Abstract
The purpose of this study was to describe the implementation of the flagship program of Tahfidz al-Quran Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo based on the talaqqi method. The method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques used are interview, observation, and documentation techniques. The data sources in this study consisted of four primary data sources and four secondary data sources. The results showed that Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo had successfully implemented the tahfidz al-Quran flagship program based on the talaqqi method. This success can be seen from the mentoring process that is in accordance with the syntax of the talaqqi method. Even the mentors carry out various methods of mentoring. During the mentoring process the participants also showed a change in character for the better. they become more patient, responsible, and work hard. The impact of this excellent program was also felt by the school by winning various competitions related to the Koran, both tahfidz competitions, tartil competitions, and al-Quran syarh competitions.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan program unggulan Tahfidz al-Quran Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo berbasis metode talaqqi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian terdiri terdiri dari empat orang sumber data primer dan empat orang sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Driyorejo telah berhasil mengimplementasikan program unggulan tahfidz al-Quran berbasis metode talaqqi. Keberhasilan ini dapat diketahui dari proses pembimbingan yang sudah sesuai dengan sintaks metode talaqqi. Bahkan para pembimbing melakukan berbagai variasi metode dalam pembimbingan. Selama proses pembimbingan para peserta juga menunjukan perubahan karakter yang lebih baik. mereka menjadi lebih sabar, bertangung jawab, dan bekerja keras. Dampak dari program unggulam ini juga dirasakan sekolah dengan menjuarai berbagai lomba yang berkaitan dengan al-Quran baik lomba tahfidz, lomba tartil, maupun lomba syarh al-Quran.
Downloads
References
Arif, M. (2018). Revitalisasi Pendidikan Cinta Tanah Air di Pondok Pesantren Darul Ihsan Meganti Gresik. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 277–296. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.369
Arif, M., & Handayani, E. F. (2020). Budaya Literasi Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 198–220.
Ashar, H. (2018). Implementation of Talaqqi Method in Memorizing Al-Qur’an at School of Hafidz Qur’an of Muhajirin in Central Gresik. Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 1(1).
bin Muhamad, N., bin Hashim, A., Abdullah, W. H. B., Zaman, M. A. B. K., & Zamri, F. A. B. (2019). Kaedah Talaqqi Musyafahah dalam pengajaran Al Quran Wa Al-Hifz kurikulum dini SABK di Perak. International Journal of Education, 4(32), 273–283.
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1982). Qualitative Research for Education. Allyn and Bacon, Ind.
Bungin, B. (2005). Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W. (2015). Educational Research: Planning, Conducting, Evaluating Quantitative and Qualitative (V). Pearson Education.
Husna, A., Hasanah, R., & Nugroho, P. (2021). Efektivitas Program Tahfidz al-Quran dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Isema: Islamic Education Management, 6(1), 47–54. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.10689
Ibrahim, A. H. (2021). Mengapa Menghafal Al-Qur’an? Motivasi Menghafal Salafus Sholih& Tren Menghafal Zaman Now. CV. Global Aksara Press.
Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 245–256.
M. B. Miles, & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methode Sourcebook (III). Sage.
Mahfud, M. (2020a). Management Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(1), 19–24.
Mahfud, M. (2020b). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Kecerdasan Majemuk di KB-RA Al-Azhar Gresik. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 49–65.
Mashud, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan dalam Setoran Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas VIB Sekolah Dasar Islam Yakmi Tahun 2018. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 347–358.
Moehadjir, N. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin.
Nurzannah, N., & Ginting, N. (2022). Improving The Ability To Read The Quran Through The Tahsin Program Based On The Talaqqi Method. Jces (Journal Of Character Education Society), 5(2), 305–317.
Pohan, R. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Ar-Rijal Institute dan Lanarka Piblisher.
Prastowo, A. (2010). Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Penelitian Kualitatif. Diva Press.
Rismawati, B. V., Arif, M., & Mahfud, M. (2021). Strategi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Kelas Di Era Revolusi Industri 4.0. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 59–77.
Rizalludin, A. (2019). Mplementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138
Sania, S., & Kosasih, A. (2022). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Menghafal Alquran. An-Nuha, 2(1), 88–95. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i1.125
Susianti, C. (2017). Efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 1–19.
Syahid, A., & Wahyuni, A. (2019). Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 87–96.
Utami, R. D., & Maharani, Y. (2018). Kelebihan dan Kelemahan Metode Talaqqi Dalam Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 29 dan 30 Pada Siswa Kelas Atas Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 185–192.
Y, H. F., & Permatasari, D. (2020). Tren: Pendidikan Tahfidz Qur’an Pada Anak Di Rumah Qur’an Ar-Roudhoh Rowotengah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1). http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/375
Copyright (c) 2022 Umul Hazizah, Muhammad Mahfud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.